Kamis, 26 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Ekuador 0-0 Prancis

Prancis lolos ke 16 besar Piala Dunia 2014 dengan menjadi juara grup, sementara Ekuador gagal melenggang.

Prancis memastikan diri lolos ke-16 besar Piala Dunia 2014 sebagai juara grup. Sementara tempat kedua ditempati oleh Swiss.

Hasil itu tak bisa dilepaskan dari kegagalan Ekuador memetik kemenangan kala menghadapi Les Bleus di Maracana, Rio De Janeiro, Kamis (26/6) dinihari WIB.

Ekuador, yang harus menyudahi laga dengan berkekuatan sepuluh pemain menyusul dikartumerahnya Antonio Valencia, harus puas memetik hasil imbang tanpa gol.

Dengan demikian, Prancis mengoleksi tujuh angka dan memuncaki klasemen, disusul Swiss dengan enam angka dan Ekuador dengan empat poin. Ada pun posisi terakhir dihuni Honduras.

Babak I
Prancis mengawali babak pertama dengan langsung menekan pertahanan Ekuador. Tapi tim lawan juga bisa memberikan perlawanan.

Kesempatan pertama untuk unggul didapat Prancis lewat tendangan kaki kiri Antoine Griezmann, yang arahnya masih melebar dari gawang.

Berikutnya giliran Moussa Sissoko mengancam lewat tendangan setengah voli. Kiper Dominguez masih bisa mengamankannya.

Di menit 25, Blaise Matuidi ikut memberikan ancaman juga dengan tendangannya, yang sayangnya tidak tepat sasaran.

Ekuador baru mendapat kesempatan di menit 33 lewat aksi Enner Valencia. Hugo Lloris bisa mengamankan bola kirimannya. Sementara tandukan Pogba lima menit kemudian juga tak membahayakan gawang Ekuador.

Memasuki menit-menit akhir babak pertama, kedua tim meningkatkan tensi serangan. Tapi tak ada perubahan di papan skor hingga tiba jeda laga.

Babak II

Paruh kedua langsung dibuka dengan aksi Sissoko dan Griezmann, yang sama-sama gagal memaksimalkan kesempatan yang mereka punya.

Memasuki menit 50, Ekuador harus bermain dengan sepuluh pemain menyusul pelanggaran kasar yang dilakukan Antonio Valencia terhadap Lucas Digne. Gelandang Manchester United itu diusir keluar.

Meski bermain dengan minus satu pemain, Ekuador sempat mengancam lewat tendanga Noboa, yang meski pun memiliki kekuatan, tapi tak tepat sasaran.

Pogba juga menguji peruntungannya di menit 58 setelah mendapat sodoran dari Karim Benzema. Noboa bisa memblok bola kirimannya. Empat menit kemudian, giliran Dominguez yang menggagalkan kans yang dipunyai Matuidi. Upaya Benzema juga masih belum berhasil hingga menit 70.

Di menit 72, Paul Pogba punya kans terbuka untuk membawa Prancis memimpin. mendapat umpan silang dari Griezmann, dia yang berada dalam posisi tak terkawal berhasil menyundul bola. Hanya saja arahnya masih sedikit melebar dari gawang.

Dominguez kembali membuat penyelamatan di menit berikutnya dengan menangkap bola tendangan melintir Benzema d menit 78.

Michael Arroyo mendapat kesempatan melakukan serangan balik dan berhasil merangsek hingga kotak penalti Prancis di menit 80. Namun bola tendangan kaki kirinya masih melebar dari gawang. Dua menit kemudian, Hugo Lloris melakukan penyelamatan penting dengan memblok bola sepakan Ibarra.

Aksi yang sama ditunjukkan Domingues dengan memblok bola sontekan Benzema. Di menit 84, kiper Ekuador itu juga membuat penyelamatan bagus untuk mementahkan peluang Prancis.

Loic Remy tak ketinggalan memberikan ancaman, tapi Dominguez bisa menepis bola menjauh dari gawangnya. Upaya Pogba dan Giroud semenit kemudian juga tak berujung manis dengan kiper Ekuador itu kembali beraksi menyelamatkan gawangnya.

Di babak tambahan waktu, tak juga ada gol tercipta meski tensi serangan sudah ditingkatkan kedua tim. Skor 0-0 pun menjadi hasil final laga itu. (goal.com 240614)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief