Sabtu, 21 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Italia 0-1 Kosta Rika

Secara luar biasa Kosta Rika mampu meraih kemenangan 1-0 atas Italia dalam lanjutan Grup D Piala Dunia 2014, Sabtu (21/6) dini hari WIB.


Secara luar biasa Kosta Rika mampu meraih kemenangan 1-0 atas Italia dalam lanjutan Grup D Piala Dunia 2014, Sabtu (21/6) dini hari WIB. Hasil ini memastikan wakil asal Amerika Utara itu lolos ke babak 16 besar, sekaligus memulangkan Inggris dari Brasil.

Mendominasi jalannya babak pertama, tim asuhan Jorge Luis Pinto sukses meraih keunggulan 1-0, berkat gol bryan Ruiz. Kedudukan itu bertahan hingga laga usai, setelah Los Ticos mampu bertahan dengan baik di babak kedua.

Babak Pertama

Sepuluh menit paruh pertama berjalan baik bagi Italia. Sejak sepakan mula dilakukan, dominasi permainan tak pernah lepas dari kaki Andrea Pirlo cs. Pola permainan direct pass kembali jadi andalan Cesare Prandelli. Kosta Rika jadi sulit untuk mengembangkan permainannya dan terpaksa mengandalkan kerapatan pertahanannya, dengan berfokus pada kecerdikan yang bisa hadir dari Mario Balotelli.

Namun selepas itu cuaca panas berbicara, para penggawa Gli Azzurri mulai kelelahan dan kehilangan konsentrasi, jadilah dominasi berbalik untuk Kosta Rika. Peluang pertama langsung mereka dapat melalui tandukan Borges, hasil umpan Bolanos. Sayangnya bola masih melambung di atas gawang Gigi Buffon.

Tak mau terus dikuasai, melalui beberapa celah Italia sukses menghasilkan kans. Di menit ke-21, tinggal berhadapan dengan kiper, Balotelli gagal melakukan chip untuk masuk ke gawang, memanfaatkan pelayanan Pirlo. Tiga menit berselang melalui skema yang sama, sepakan keras Super Mario masih mampu dihalau Navas.

Kosta Rika yang terus mendominasi jalannya laga kembali memiliki peluang melalui Bolanos pada menit ke-36. Tembakan kerasnya dari luar kotak gagal menembus gawang akibat aksi Buffon.

Petaka kemudian datang bagi sang juara dunia empat kali, satu menit saja jelang turun minum. Tandukan keras Bryan Ruiz menyambut umpan akurat Junior Diaz, sukses menembus jala Superman. Kosta Rika pun mengakhiri babak pertama lewat keunggulan 1-0!

Babak Kedua

Tertinggal satu gol, pergantian pemain langsung dilakukan Cesare Prandelli, dengan memasukkan penyerang, Antonio Cassano, menggantikan gelandang bertahan, Thiago Motta. Penguasaan bola kemudian mutlak ada pada kaki-kaki para penggawa La Nazionale.

Lima menit laga berjalan, sebuah peluang emas lahir dari sepakan keras Matteo Darmian. Namun gagal menjadi gol karena hanya berlalu beberapa centimeter saja dari mistar gawang. Gelombang serangan tak berhenti, namun Kosta RIka selalu bisa menghentikan aliran bola sekaligus mencegah berkembangnya permainan lawan melalui jebakan offside.

Sepakan bebas Pirlo di menit ke-52 yang nyaris mencetak skor, jadi pematik serangan Italia yang lebih menyengat. Hal itu semakin ditegaskan dengan masuknya Alessio Cerci dan Lorenzo Insigne. Beberapa kali keduanya membahayakan gawang lawan melalui gocekan manisnya dari sisi lapangan. Tapi lagi-lagi, benteng pertahanan Kosta Rika tak bisa ditembus.

Berbagai cara dilakukan Italia, bahkan sempat kecolongan dalam prosesnya. Untungnya gol tambahan dari lawan tidak terjadi. Hingga 90 menit usai, pada akhirnya Kosta Rika sukses menjaga keunggulan 1-0. Mereka pun lolos ke babak 16 besar, sekaligus menyingkirkan Inggris dari Piala Dunia 2014. Sementara untuk Tim Biru langit, partai hidup-mati bakal mereka lakoni di laga terakhir Grup D melawan Uruguay.

Susunan Pemain

Italia: Buffon; Barzagli, Abate, Darmian, Chiellini; De Rossi; Pirlo, Marchisio, Candreva, Thiago Motta; Balotelli

Kosta Rika: Navas; Diaz, Duarte, Umana, Gamboa; Gonzales, Tejeda, Bolanos, Borges, Ruis; Campbell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief