Minggu, 22 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Jerman 2-2 Ghana

Gol bersejarah Miroslav Klose memastikan Jerman terhindar dari kekalahan kontra Ghana.
Jerman dan Ghana berbagi angka setelah bermain imbang pada laga kedua Grup G nan seru di Fortaleza, Minggu (22/6) dinihari WIB.

Tanpa gol di babak pertama, kejar-mengejar skor menghiasi 45 menit kedua pertarungan wakil Eropa dan Afrika ini dengan total empat gol tersaji dalam hasil seri 2-2. Yang terakhir, torehan penyeimbang untuk Jerman, merupakan gol historis oleh Miroslav Klose, yang kini sejajar dengan Ronaldo sebagai topskor sepanjang masa Piala Dunia.

Jerman masih memimpin klasemen grup dengan tabungan empat angka menyusul hasil ini, sementara Ghana, kendati baru punya satu poin, masih menggenggam kans untuk maju ke 16 besar.

Babak Pertama

Duel berjalan menarik dan terbuka sejak menit awal. Jerman berintensi melanjutkan performa gemilang seusai melibas Portugal, sementara Ghana pun tampak sangat terdeterminasi menebus kekalahan dari Amerika Serikat demi memelihara kans ke babak selanjutnya.

The Black Stars membuka laga dengan lebih cemerlang dan menebar ancaman pertama saat Asamoah Gyan melepas tembakan melenceng dari umpan silang Christian Atsu.

Setelahnya giliran Atsu sendiri menguji ketangguhan Manuel Neuer. Sebuah tembakan kerasnya dari luar kotak penalti masih dapat dihalau dengan baik oleh kiper Bayern Munich itu.

Di ujung lain lapangan, Jerman memperoleh kesempatan melalui aksi Thomas Muller, namun upayanya menyongsong operan matang Mesut Ozil belum membuahkan hasil. Pun dengan umpan tariknya yang masih gagal dijangkau Mario Gotze.

Sementara itu, di sisa babak pertama Neuer kembali dipaksa melakukan penyelamatan terhadap tendangan jarak jauh, kali ini dari Sulley Ali Muntari. Namun hingga masuk ruang ganti serangan kedua tim belum menunjukkan hasil konkret.

Babak Kedua

Di babak kedua Jerman yang mengambil inisiatif menyerang segera memecahkan kebuntuan. Sebuah umpan terukur dari Muller dikonversi Gotze, lewat sundulan yang kemudian mengenai lututnya sebelum bergulir ke dalam gawang, untuk membawa Die Mannschaft memimpin pada menit ke-51.

Keunggulan Jerman ternyata bertahan sesaat saja. Cuma berjarak tiga menit Ghana merespons melalui sundulan akurat Andre Ayew menyongsong umpan silang Harrison Afful dari kanan.

Gol penyeimbang membakar semangat Ghana dan mereka makin gencar meneror lini belakang Jerman dengan serangan-serangan cepatnya. Hasilnya, tak sampai sepuluh menit kemudian Ghana membalikan skor saat Asamoah Gyan sukses menaklukkan Neuer via sepakan ke tiang jauh usai menerima umpan terobosan dari Muntari.

Jerman pantang mengibarkan bendera putih, dan keputusan Joachim Low memainkan Miroslav Klose untuk menggantikan Gotze terbayar instan. Baru dua menit berada di lapangan, sang penyerang veteran menyamakan kedudukan setelah meneruskan sundulan Benedikt Howedes dari situasi tendangan penjuru.

Klose merayakan gol bersejarah yang membawanya menyamai rekor gol terbanyak Piala Dunia milik Ronaldo dengan penuh suka cita. Ia bersalto seperti saat masih muda dahulu, meski pendaratannya kali ini kurang mulus.

Tempo laga kian meningkat memasuki fase akhir. Jerman menekan Ghana dengan dominasi possession, sedangkan sang wakil Afrika tak jarang merepotkan melalui kecepatan serangan mereka. Namun pada akhirnya kedua tim harus puas berbagi satu poin. (goal.com 220614)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief