Rabu, 25 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Kosta Rika 0-0 Inggris

Hasil imbang kontra Inggris mengukuhkan Kosta Rika sebagai pemuncak klasemen Grup D.

Inggris terpaksa mengakhiri Piala Dunia 2014 tanpa memetik satu kemenangan pun setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Kosta Rika di Estadio Mineirao, Selasa (25/6) dini hari WIB.

Dengan demikian, hasil ini tak mengubah kedudukan di klasemen Grup D dengan Los Ticos, yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, sebagai pemuncaknya lewat raupan tujuh poin. Sementara The Three Lions duduk di urutan buncit grup dengan koleksi satu poin dari tiga laga.

Babak Pertama

Mengingat laga ini sudah tidak menentukan lagi bagi kedua tim -- Inggris dipastikan tersingkir sementara Kosta Rika sudah lolos -- tidak mengurangi intensitas jalannya laga. Bahkan Kosta Rika sudah mendapat peluang emas di menit kedua ketika tendangan Joel Campbell terdefleksi badan Gary Cahill, namun bola masih menyamping tipis dari sisi gawang Ben Foster.

Inggris, yang di laga ini menurunkan banyak pemain yang tak diturunkan di dua partai sebelumnya, juga tak mau ketinggalan membuat peluang. Di menit 13, berawal dari pergerakan Jack Wilhsere, Daniel Sturridge mendapatkan bola di area berbahaya. Namun, tendangan kaki kiri sang penyerang dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di sisi gawang Keylor Navas.

Sepuluh menit berselang, Kosta Rika kembali mengancam dan mendapat peluang terbaiknya di babak pertama. Mendapat tendangan bebas dari jarak sekitar 25 meter, Celso Borges melepaskan tembakan akurat ke gawang Inggris, akan tetapi fingertip dari Foster membuat bola sedikit berbelok arah dan menghantam mistar.

Berikutnya di menit 27, crossing James Milner sempat membingungkan lini belakang Kosta Rika sehingga Sturridge bisa memperoleh bola di kotak penalti. Namun, ia tampak dijatuhkan oleh Oscar Duarte sebelum sempat melepaskan tembakan seiring bola berhasil diamankan Navas. Namun, wasit menolak klaim penalti dari Inggris.

Peluang terbaik Inggris hadir di menit ke-35 ketika bola lambung dari sepak pojok Ross Barkley mengarah kepada kepala Phil Jones dan diteruskan kepada Sturridge yang berdiri di depan kotak penalti. Namun, sundulan keras Sturridge masih melambung tipis di atas gawang Navas. Hingga babak pertama berakhir skor kacamata tetap tersaji.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tempo permainan sedang masih tetap diperagakan kedua tim. Hanya saja, Inggris tampak lebih dominan dalam melakukan serangan. Peluang bagus tercipta di menit 49 ketika Sturridge lolos dari jebakan off-side ketika mendapat bola liar dari sepakan Barkley. Sayang, sentuhannya terlalu berat sehingga Navas bisa mencegahnya.

Tepat sepuluh menit berselang, Navas kembali menjadi penghalang Inggris dalam mencetak gol. Adam Lallana mampu melesat sendirian ke pinggir kotak penalti, namun umpan silangnya ke tengah kotak penalti berhasil diklaim secara gemilang oleh kiper asal Levante tersebut sebelum sempat disambar Sturridge yang sudah menanti di tengah.

Sturridge sendiri kembali menyia-nyiakan peluang di menit 65. Usai melakukan umpan satu-dua secara manis dengan Wilshere, Sturridge tinggal berhadapan dengan Navas. Sayang, tembakan kaki kirinya dari sudut sempit masih menyamping beberapa sentimeter. Masih mejal, Roy Hodgson lalu menurunkan dua pemain senior, Steven Gerrard dan Wayne Rooney.

Rooney sendiri langsung membuat peluang di menit 80 ketika tembakan chip-nya masih bisa ditepis oleh Navas. Dan di menit 89, sepakan bebas Gerrard yang mengarah kepada Rooney masih gagal ditanduk oleh sang penyerang. Hingga injury time tiga menit, skor 0-0 untuk kedua tim tidak berubah.



Susunan Pemain:

Kosta Rika (5-4-1): Navas; Gamboa, Duarte, Gonzalez, Miller, Diaz; Borges (Rojas 78'), Tejeda, Brenes (Bolanos 59'), Ruiz; Campbell (Urena 65')

Inggris (4-2-3-1): Foster; Jones, Cahill, Smalling, Shaw; Lampard, Wilshere (Gerrard 73'); Milner (Rooney 76'), Barkley, Lallana (Sterling 62'); Sturridge

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief