Selasa, 01 Juli 2014

Laporan Pertandingan: Prancis 2-0 Nigeria

Prancis memastikan diri melangkah ke babak delapan besar Piala Dunia 2014 usai menaklukkan juara Afrika, Nigeria, dengan skor 2-0.

Prancis sukses memastikan diri lolos ke babak perempat-final Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Nigeria dengan skor 1-0 pada babak 16 Besar.

Kemenangan yang diraih skuat asuhan Didier Deschamps tidak didapatkan dengan mudah. Pertahanan rapat dan gemilangnya performa kiper Vincent Enyeama membuat Prancis baru mencetak dua gol kemenangan di babak kedua, melalui Paul Pogba dan gol bunuh diri Joseph Yobo.

Babak Pertama

Prancis dan Nigeria langsung tancap gas sejak menit awal, kedua tim sibuk bergantian melakukan serangan tetapi masih belum ada yang bisa menembus lini pertahanan masing-masing.

Nigeria sedikit demi sedikit mulai lebih gencar menyengat lini belakang Prancis, hingga akhirnya mereka mampu mencetak gol di menit ke-19 melalui sontekan Emenike memanfaatkan umpan silang Musa. Tetapi gol tersebut dianulir wasit karena sang pemain sudah terjebak dalam posisi offside.

Terkejut dengan gol yang dianulir itu, Les Bleus langsung bangkit dan balik menekan. Tiga menit berselang, Paul Pogba nyaris memecah kebuntuan setelah umpan silang Valbuena berhasil ia sambar dengan tendangan voli di kotak penalti, tetapi Enyeama dengan gemilang menepis bola sehingga skor masih imbang tanpa gol.

Kedua tim sama-sama memiliki satu peluang emas di sisa waktu yang ada, Prancis mendapat kesempatan melalui Debuchy yang merangsek masuk ke kotak penalti untuk menyambut umpan Valbuena, tetapi sayang tembakannya masih melenceng. Kemudian Nigeria memaksa Lloris susah payah menahan tembakan jarak jauh Emenike satu menit jelang laga usai.

Kedudukan imbang tanpa gol akhirnya bertahan hingga wasit meniup peluit tanda jeda pertandingan.
 
Babak Kedua

Seperti paruh pertama, kedua tim langsung menggebrak sejak menit pertama. Les Bleus masih terlihat kesulitan untuk membongkar pertahanan rapat Nigeria sementara serangan dari tim Elang Super dari dari sisi sayap kerap merepotkan kiper Hugo Lloris.

Kebuntuan yang dialami Prancis membuat pelatih Didier Deschamps melakukan perubahan dengan menarik keluar Olivier Giroud dan memasukkan Griezmann pada menit ke-63.

Beberapa menit kemudian, Nigeria nyaris membuka keunggulan setelah Odemwingie melepaskan tembakan mendatar yang mengarah tepat ke gawang, tetapi Lloris masih sigap menahan laju bola.

Pada menit ke-70, Griezmann kemudian membuktikan bahwa ia layak masuk di laga ini, ia melakukan kombinasi umpan satu dua yang cantik hingga membuat Benzema tinggal berhadapan dengan kiper, namun sayang meski kiper Enyeama berhasil ia taklukkan bola gagal menembus jaring setelah Moses menghalau bola tepat di garis gawang.

Prancis semakin percaya diri, mereka kemudian membuat mistar gawang Nigeria bergetar hebat setelah dihantam tembakan voli Cabaye, Benzema juga melakukan tandukan keras dari jarak dekat, tetapi masih belum bisa mengubah skor karena berhasil ditepis oleh Enyeama.

Gol yang ditunggu akhirnya tiba pada menit ke-79, tendangan penjuru Valbuena ditepis oleh Enyeama tetapi bola malah mengarah kepada Pogba yang kemudian dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong hingga kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk Les Bleus.

Prancis memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan melalui Griezmann yang lolos dari jebakan offside, tetapi ia tidak bisa menaklukkan Enyeama meski dalam situasi satu lawan satu.

Ketika laga tampak akan berakhir dengan skor tipis, kapten Nigeria Joseph Yobo melakukan kesalahan ketika mengantisipasi umpan Valbuena, bola mengenai kakinya dan membuat bola masuk ke dalam gawangnya sendiri pada menit injury time sehingga skor 2-0 menjadi skor akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain

Prancis:
Lloris; Debuchy, Varane, Koscielny, Evra; Pogba, Matuidi, Cabaye; Valbuena, Giroud, Benzema

Nigeria: Enyeama, Ambrose, Yobo, Omeruo, Oshaniwa, Onazi, Mikel, Moses, Odemwingie, Musa, Emenike

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief