Sabtu, 01 Desember 2012

Nike Match Report: Singapura 4 - 3 Laos

Piala AFF 2012
Singapura bangkit dari ketinggalan dan meraih kemenangan kedua di Piala AFF Suzuki 2012 sekaligus memastikan tiket ke babak semi-final sebagai juara Grup B, dan akan berjumpa dengan semi-finalis edisi dua tahun silam Filipina.

Laos sempat unggul dua gol di babak pertama lewat Khampeng dan Keoviengphet, namun menjelang akhir babak pertama, pergantian pemain jitu yang dilakukan pelatih Radojko Avramovic membuat Singapura memperkecil ketinggalan lewat kapten Shahril Ishak.

Sang kapten menyamakan kedudukan di awal babak pertama, sebelum kemenangan ditutup gol Khairul Amri dan Fazrul Nawaz, dan Laos memperoleh gol hiburan dari penalti Khampeng.

Filipina akan menjadi tuan rumah pada partai pertama di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (8/12), dan empat hari kemudian, giliran the Azkals berkunjung ke Stadion Jalan Besar.

Babak Pertama


Demi memastikan lolos ke empat besar, the Lions langsung berusaha mendobrak sejak menit pertama, dengan turunnya Aleksandar Duric, Shahril Ishak, Fazrul Nawaz. Krisis di lini belakang memaksa Shi Jiayi tampil sebagai bek sayap.

Tapi aksi pertama Singapura justru berakhir dengan kartu kuning bagi Fazrul, saat dinilai wasit melanggar keras kiper Sengphachan, dan akhirnya harus diganti oleh Soukhtavy.

Laos juga menguasai pertandingan, dengan tendangan Khampeng harus ditepis Izwan, tetapi kiper Singapura itu gagal mencegah Khampeng untuk membuka skor pada menit ke-21, saat aksi Keovingphe dari sayap kanan gagal diantisipasi pertahanan Singapura, dan umpan menyusur tanah tinggal dibelokkan dengan mudah oleh Khampeng.

Singapura pun mengandalkan keunggulan mereka dalam duel di udara dan situasi bola mati, dan Duric hampir saja menyamakan kedudukan jika sundulannya tak melenceng dari gawang.

Secara mengejutkan, Laos tiba-tiba menggandakan keunggulan lewat liukan dan tendangan Keoviengphet, lima menit menjelang jeda, yang lagi-lagi memaksa Izwan memungut bola dari gawangnya.

Ketinggalan dua gol, Singapura mulai panik, dan Baihakki hampir memperkecil ketinggalan tapi sundulannya dalam situasi tendangan penjuru gagal menemui sasaran, dan pelatih Raddy Avramovic mengubah strategi dengan menarik keluar Bennett dan Qiu Li, untuk Shaiful Esah, yang tak tampil saat dikalahkan Indonesia akibat cedera, dan Khairul Amri.

Pergantian pemain ini langsung membuahkan hasil dengan umpan lambung Mustafic diarahkan Safuwan dengan sundulannya ke arah gawang, dan bola tanpa ambun disambar kapten Shahril Ishak untuk memperkecil ketinggalan.

Babak Kedua

Tak seperti di awal babak pertama, Singapura langsung menekan di babak kedua, saat tendangan Duric memaksa kiper Soukhtavy berjibaku di menit pertama babak kedua, dan tujuh menit kemudian, kapten Shahril bangkit sebagai penyelamat untuk menyamakan kedudukan.

Umpan lambung jauh dari lapangan permainan mereka sendiri oleh Shi Jiayi, disontek Duric ke arah Shahril, hingga ketenangan dan usaha kerasnya berakhir dengan bola di gawang Soukhtavy. Shahril pun kini menjadi pencetak gol terbanyak sementara untuk Piala AFF Suzuki 2012 dengan empat gol dari tiga pertandingan.

Singapura tak puas dengan hasil imbang, meski hasil itu mungkin cukup meloloskan mereka ke empat besar, dan Khairul Amri membuktikan kepercayaan pelatih Raddy untuk memasukannya dengan gol tendangan bebas pada menit ke-63.

Pertahanan Laos seperti lengah, dan dua menit kemudian, umpan silang pemain pengganti lain Shaiful Esah berhasil mengarah tepat bagi Fazrul Nawaz untuk menjebol gawang Laos keempat kali dengan diving header.

Namun, Shaiful menjadi pemeran antagonis saat Laos memperkecil ketinggalan, karena pelanggarannya terhadap Ketsada di kotak terlarang, berhasil dieksekusi dengan sempurna oleh Khampheng sembilan menit sebelum bubaran, sekaligus menyamakan pencapaian Shahril dengan empat gol dari tiga laga babak grup..

Tapi Laos gagal memanfaatkan momentum itu untuk bangkit, dan Singapura melenggang ke babak semi-final untuk berjumpa dengan Filipina.


Susunan Pemain
Singapura: Izwan Mahbud, Safuwan Baharudin, Baihakki Khaizan, Daniel Bennett, Shahdan Sulaiman, Shi Jiayi, Qiu Li, Mustafic Fahrudin, Fazrul Nawaz, Shahril Ishak (c), Aleksandar Duric

Cadangan: Shaiful Esah, Isa Halim, Fazli Ayob, Hyrulniizam Juma'at, Khairul Amri, Firdaus Kasman, Hafiz Rahim, Joey Sim, Zulfahmi Arifin

Laos: Sengpachan Bounthisanh, Saynakhonevieng Phommapanya, Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Soukaphone Vongchiengkham, Keoviengpheth Lithideth, Visay Phaphouvanin (c), Kanlaya Sysomvang, Sopha Saysana, Kovanh Namthavixay, Khampheng Sayavutthi

Cadangan: Khamla Pinkeo, Souksamay Manhmanyvong, Khonesavanh Sihavong, Phatthana Syvilay, Vilayout Sayyabounsou, Viengsavanh Sayyaboun, Daoneua Siviengxay, Phonepaseuth Sysoutham, Soukthavy Soundala
Sumber: Goal.com - 1 Desember 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief