Minggu, 01 Juni 2014

Honduras



Piala Dunia 2014 Brasil akan menjadi Piala Dunia ketiga bagi Honduras. Terakhir, mereka lolos ke putaran final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Pada 2010, mereka tak bisa bicara banyak. Berada di Grup H bersama dengan Spanyol, Cile, dan Swiss, mereka finis sebagai juru kunci.

Sepanjang sejarah sepakbola mereka, prestasi terbaik mereka adalah second runner-up Copa America 2001, memenangi CONCACAF Gold Cup 1981, dan runner-up pada 1985 dan 1991.

Namun, Honduras sempat membuat kejutan di Piala Dunia 1982, karena mampu menahan 1-1 Spanyol dan membuat tim Matador yang berstatus sebagai tuan rumah terancam tersingkir. Beruntung, Spanyol akhirnya menduduki urutan kedua di bawah Irlandia Utara dan akhirnya lolos ke babak selanjutnya. Sedangkan Honduras langsung tersingkir.

Meski begitu, Honduras sempat menahan Irlandia Utara 1-1 dan hanya kalah 0-1 dari Yugoslavia. Meski tersingkir, penampilan mereka cukup mengejutkan dan menakutkan di turnamen sepak bola tertinggi dunia tersebut.

Setelah itu, kekacauan politik di negeri itu membuat hampir semua bidang terseok-seok, termasuk sepak bola. Sekarang, Honduras seperti bangkit lagi. Kehadirannya kembali di Piala Dunia 2014, merupakan salah satu bukti konsistensi mereka mulai terjaga.

Berada di Grup E, mereka akan bertemu salah satu tim kuat Eropa, Perancis. Selain itu, mereka juga akan melawan kembali Swiss dan Ekuador.

Di babak kualifikasi, Honduras sudah menunjukkan potensi mereka cukup membahagiakan. Berada di Zona Amerika Tengah, Utara, dan Kepulauan Karibia (CONCACAF), Honduras mampu mengalahkan Meksiko dua kali. Mereka juga sempat mengalahkan Amerika Serikat di kandang. Meski kalah tiga kali, posisi mereka berada di peringkat tiga di bawah Amerika Serikat dan Kosta Rika hingga langsung lolos ke putaran final.(brasil2014,kompas.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief