Selasa, 03 Juni 2014

Ghana



Ghana selamat dari babak kualifikasi paling sulit, dengan memenangi lima dari enam pertandingan mereka. Satu-satunya kekalahan itu mereka alami dari Zambia, dengan skor 0-1.

Berbekal rekor memasukkan-kemasukan 15-3 gol, Ghana menantang Mesir di babak play-off. Secara luar biasa, Ghana memenangi leg pertama dengan skor 6-1. Hasil itu membuat kekalahan 1-2 di leg kedua tak berarti.

Dengan bekal itu, Ghana berpotensi menciptakan kejutan di Brasil, seperti pada Piala Dunia 2006 Jerman dan 2010 Afrika Selatan.

Pada 2006, Ghana menjadi satu-satunya tim Afrika yang masuk 16 besar. Mereka lolos sebagai runner-up Grup E, yang berisi Italia, Ceko, dan Amerika Serikat. Mereka kalah 0-2 dari Italia pada laga pertama. Mereka kemudian menundukkan Ceko 2-0 dan Amerika Serikat 2-1. Ghana tersingkir di babak 16 besar, setelah kalah 0-3 dari Brasil.

Empat tahun kemudian, Ghana kembali menjadi satu-satunya tim Afrika yang lolos dari fase grup. Prestasi mereka kali ini lebih baik. Black Stars masuk perempat final setelah mengalahkan Afrika.

Di babak perempat final, mereka bertemu Uruguay dan nyaris mencetak sejarah masuk semifinal.

Kegagalan itu begitu dramatis, mengingat Ghana punya peluang besar untuk menang. Sebelum babak tambahan berakhir, penyerang Uruguay Luis Suarez mendapatkan kartu merah karena melakukan handsball di kotak penalti. Namun, Asamoah Gyan yang dipercaya mengeksekusi penalti melepaskan tembakan, tetapi membentur mistar.

Skor 1-1 tak berubah hingga akhir babak tambahan sehingga laga dilanjutkan ke babak adu penalti, yang berakhir 4-2 untuk Uruguay.

Ghana telah menunjukkan bahwa mereka mampu bersaing dengan tim bertradisi sepak bola kuat. Mereka pun berhak tampil Piala Dunia 2014 dengan optimisme mampu setidaknya mengulang rekor 2010, meski mereka berada di Grup G bersama dengan Jerman, Portugal, dan Amerika Serikat.  (brasil.kompas.com)




Penjaga Gawang:
(12) Adam Larsen Kwarasey, (16) Fatau Dauda, (-) Richard Kingson

Bek: (2) Daniel Opare, (5) Mohamed Awal, (7) Samuel Inkoom, (13) Jerry Akaminko, (21) John Boye, (-) David Addy, (-) Rashid Sumaila, (-) Abdul Rahman Baba

Gelandang:
(8) Emmanuel Badu, (10) Albert Adomah, (11) Sulley Muntari, (20) Kwadwo Asamoah, (22) Mubarak Wakaso, (23) Harrison Afful, (-) Emmanuel Frimpong, (-) Michael Essien

Penyerang:
(3) Asamoah Gyan, (7) Christian Atsu, (10) Andre Ayew, (12) Majeed Waris, (13) Jordan Ayew, (-) Mahatma Osumanu Otoo

Pelatih:
Kwesi Appiah (Ghana)

Daftar nomor pemain per 19 november 2013
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief