Jumat, 13 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Brasil 3-1 Kroasia

Brasil mengawali Piala Dunia 2014 dengan kemenangan 3-1 atas Kroasia berkat dua gol yang dicetak oleh Neymar.

Brasil sukses mengawali Piala Dunia 2014 dengan sempurna usai meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas Kroasia. Sempat tertinggal melalui gol bunuh diri Marcelo, Selecao sukses membalikkan kedudukan melalui dua gol Neymar dan gol menit akhir yang dicetak Oscar.

Hasil ini membuat skuat asuhan Luiz Felipe Scolari duduk di puncak klasemen sementara grup A di atas Meksiko, Kamerun, dan tentu saja Kroasia.

Babak Pertama
Brasil langsung mengambil inisiatif untuk mengendalikan permainan sejak awal laga, namun Kroasia justru yang tampak lebih berbahaya dengan serangan-serangan balik cepat yang dimotori oleh Luka Modric dan Ivan Rakitic.

Peluang Kroasia pertama didapat melalui tandukan Ivica Olic memanfaatkan umpan dari Perisic di menit ketujuh, sayang bola masih melenceng tipis dari sasaran. Namun, empat menit berselang, Kroasia akhirnya berhasil memecah kebuntuan melalui gol bunuh diri Marcelo yang salah mengantisipasi umpan silang mendatar Olic.

Tertinggal satu gol membuat Brasil semakin agresif dalam melakukan serangan. Peluang terbaik pertama didapatkan oleh Paulinho yang menusuk ke kotak penalti pada menit ke-21, tetapi tembakannya masih terlalu mengarah ke kiper Pletikosa. Dua menit berselang, Pletikosa kembali dipaksa jatuh bangun menyelamatkan gawangnya, kali ini ia mementahkan tembakan jarak jauh Oscar.

Tetapi di menit ke-30, Pletikosa akhirnya dipaksa memungut bola dari gawangnya setelah tembakan mendatar Neymar dari luar kotak penalti, menyusul serangan balik memanfaatkan tandukan Jelavic yang diamankan Julio Cesar, tidak mampu ia jangkau sehingga skor berubah menjadi 1-1.

Pada 15 menit terakhir, Brasil terus menguasai jalannya pertandingan dan beberapa kali mendapatkan peluang, termasuk tendangan bebas Neymar dan sepakan Hulk di dalam kotak penalti, namun tidak ada gol tambahan tercipta hingga skor imbang bertahan hingga jeda.


Babak Kedua
Kroasia tampak lebih siap di paruh kedua, skuat asuhan Niko Kovac mampu memberi perlawanan yang lebih baik dan tidak membiarkan Brasil terlalu mendominasi pertandingan selama 20 menit pertama. Hal itu membuat kedua tim tidak banyak menciptakan peluang untuk mencetak gol.

Kedua pelatih kemudian mencoba memberi warna baru di tim, Kovacic digantikan oleh Brozovic di menit ke-62, dan disusul masuknya Hernanes menggantikan Paulinho satu menit berselang.

Keberuntungan datang bagi pihak Selecao, pada menit ke-70 Lovren dinilai melakukan pelanggaran terhadap Fred di kotak terlarang sehingga wasit menghadiahi tendangan penalti untuk Brasil. Dan Neymar yang dipercaya menjadi eksekutor sukses menyarangkan gol keduanya untuk mengubah skor menjadi 2-1.

Kroasia kemudian nyaris langsung membalas setelah Perisic mendapatkan ruang untuk mengirim umpan silang kepada Jelavic, namun David Luiz mampu menghalau bola terlebih dahulu. Bek timnas Brasil itu kemudian hampir memperlebar keunggulan timnya ketika menerima umpan lambung Oscar dalam posisi bebas, tetapi sayang tandukannya dalam jarak dekat masih melayang di atas mistar.

Di sepuluh menit terakhir, Kroasia memegang kendali permainan untuk mencari gol penyama kedudukan, dan mereka sempat mampu melakukannya di menit ke-83, namun wasit Yuichi Nishimura menganulirnya karena Olic melakukan pelanggaran terlebih dahulu terhadap kiper Julio Cesar.

Susunan Pemain
Brasil: Julio Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Paulinho, Gustavo, Hulk, Oscar, Neymar, Fred
cadangan: Victor, Jefferson, Maxwell, Henrique, Maicon, Dante, Ramires, Hernanes, Fernandinho, Willian, Bernard, Jo.

Kroasia: Pletikosa, Srna, Corluka, Lovren, Vrsaijko, Brozovic, Olic, Modric, Rakitic, Perisic, Jelavic
cadangan: Zelenika, Subasic, Schilddenfeld, Vida, Pranjic, Vukojevic, Brozovic, Sammir, Badelj, Da Silva, Rebic, Mandzukic. 
(gol.com 13 Juni 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief