Rabu, 18 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Rusia 1-1 Korea Selatan

Rusia gagal meraih poin penuh saat melawan Korea Selatan, Rabu (18/6).

Rusia ditahan imbang 1-1 oleh Korea Selatan, Rabu (18/6) pagi, dalam laga Grup H Piala Dunia 2014. Paruh pertama berjalan dengan ketat di tengah lapangan, minim ancaman dan laga pun terkesan menjemukan. Namun di empat puluh lima menit selanjutnya, kedua tim tampil eksplosif dan rajin bertukar serangan. Dua gol pun tercipta di paruh kedua.

Gol pertama dicetak oleh Lee Keun-Ho dengan sepakan jarak jauh. Bola sebenarnya mengarah tepat ke kiper Igor Akinfeev, tapi ia gagal mengantisipasinya dan bola malah masuk ke gawang. Sementara itu, gol balasan Rusia dicetak oleh penyerang veteran, Alexander Kerzhakov, di tengah-tengah kemelut depan gawang Korsel.

Babak pertama

Rusia dan Korea Selatan sama-sama menunjukkan permain berkelas di lapangan tengah. Ketika membawa bola, mereka mampu menjaganya dengan baik dan tidak mudah direbut. Kedua tim juga mampu menunjukkan ketenangan dan disiplin luar biasa saat bertahan. Sebagai akibatnya, laga kurang menarik dan minim peluang pun dipertontonkan. Hal ini tercermin pada statistik yang menunjukan hanya terjadi satu tembakan ke gawang.

Kendati begitu, taktik pertahanan rapat Fabio Capello harus terancam dua kali karena aksi Son Heung Min. Di sepuluh menit pertama, penyerang Bayer Leverkusen ini melakukan dribel llincah, menusuk ke tengah, dan melepas tembakan kaki kanan. Sayang, bola tak menemui target.

Hal yang sama kembali dilakukan Son di lima menit terakhir. Mendapat umpan akurat dari Park Chu-Yong, penyerang muda ini meliuk ke depan kotak penalti dan mendapat ruang tembak. Ia pun melepas tembakan keras dengan kaki kanannya, tapi bola malah melambung tinggi ke arah para fan. Dua penyelesaian buruk dari Son, menyia-nyiakan dua kesempatan emas.

Sementara itu, hampir di sepanjang babak pertama laskar Capello tak mendapat peluang bersih. Satu sepakan ke gawang mereka pun terjadi lewat tendangan bebas dari jarak yang sangat jauh, yang mampu diantisipasi Jung Sung-Ryong dengan mudahnya.

Babak kedua

Permainan yang lebih terbuka tersaji di babak kedua. Viktor Fayzulin melepas sepakan keras dari luar kotak penalti yang hanya mampu ditepis oleh Sung-Ryong, menghasilkan sepak pojok. Rusia pun kembali mengancam lewat kesempatan ini, seiring Vasilis Berezutskiy menanduk bola. Belum mengarah ke target memang, tapi Rusia mulai mendapatkan tempo mereka.

Korsel tak mau kalah, mereka ikut melepas sepakan jarak jauh lewat Ki Sung-Yeung. Bola sudah mengarah ke gawang, tapi Igor Akinfeev mampu menghalaunya walau gagal menangkap dengan sempurna.

Setelah dua momen ini, Korsel dan Rusia rajin melakukan transaksi serangan. Capello memasukkan Alan Dzagoev dan Alexander Kerzhakov untuk menambah daya gedor, sementara Korsel manurunkan Lee Keun-Ho.

Siapa sangka, ternyata Korsel malah membobol Rusia lebih dulu di menit 68. Pemain pengganti, Lee Keun-Ho, melepas sepakan jarak jauh ke arah Akinfeev. Malang bagi sang kiper, ia tampak belum siap dan bola yang datang ke arahnya gagal diantisipasi dengan sempurna, naik, dan masuk ke gawangnya sendiri. Reflek yang buruk dari Akinfeev pun membawa Korsel unggul.

Enam menit berselang, Rusia mampu mengejar defisi satu gol mereka lewat pemain penggantu juga. Terjadi kemelut di kotak penalti usai Dzagoev melepas tembakan yang hanya mampu dipentalkan oleh Sung-Ryong. Bola pun menggeliat liar dan akhirnya jatuh ke kaki Kerzhakov. Penyerang veteran ini langsung mengoyak jala Korsel dan menyamakan kedudukan.

Wasit memberikan tambahan waktu empat menit, tapi tak ada yang mampu memaksimalkannya dan mencetak gol. Hasil imbang 1-1 pun harus ditelah kedua tim dan Fabio Capello gagal merayakan ulang tahun ke-68 dengan kemenangan. Kedua tim pun kini mengisi peringkat 2 dan tiga di Grup H Piala Dunia 2014.

SUSUNAN PEMAIN

Rusia: Akinfeev, Ignashevich, Glushakov, Kokorin, Berezutskiy (c), Shatov, Zhirkov, Samedov, Fayzulin, Eshchenko, Kombarov. 
 
Korea Selatan: Jung Sung-Ryong, Yun Suk-Young, Kim Young-Gwon, Son Heung-Min, Park Chu-Young, Lee Young, Koo Ja-Cheoi (c), Han Kook-Young, Ki Sung-Yueng, Lee Chung-Yong, Hong Jeong-Ho.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief