Senin, 23 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Amerika Serikat 2-2 Portugal

Kemenangan AS yang sudah di depan mata buyar oleh gol Varela.

Portugal berhasil terhindar dari kekalahan setelah memaksa Amerika Serikat bermain imbang 2-2 pada matchday kedua Grup G Piala Dunia, Senin (23/6) pagi WIB.

Unggul lebih dulu lewat gol cepat Luis Nani di menit kelima, AS bangkit di babak kedua melalui gol spektakuler Jermaine Jones di menit 64 dan tandukan dada sang kapten Clint Dempsey di sisa sembilan menit laga.

Namun, kemenangan yang sudah di depan mata buyar menyusul gol penyeimbang Silvestre Varela yang melesakkan umpan matang Ronaldo saat injury time.

Dengan hasil ini, The Yanks mengumpulkan poin empat, sama dengan perolehan Jerman, sementara Portugal dan Ghana masing-masing mendapat satu angka dan kedua tim akan berjibaku di laga terakhir, 26 Juni.

Babak pertama

AS mencoba membangun serangan di awal babak pertama, tapi upaya mereka gagal. Giliran Portugal yang menggempur pertahanan AS dan ketika pertandingan baru berjalan lima menit, tim Paulo Bento berhasil unggul lebih dulu.

Adalah bintang Manchester United Luis Nani yang sukses menjebol gawang Tim Howard dari dalam kotak penalti. Berawal dari umpan Veloso yang gagal diantisipasi dengan baik oleh Cameron, bola kemudian jatuh tepat di depan Nani yang melesakkannya ke tiang jauh.

AS merespons gol cepat Selecao dan mencoba menyeimbangkan kedudukan lima menit kemudian melalui tembakan keras Johnson, sayang usahanya hanya membuahkan sepak pojok. Tak lama, Johnson kembali mengancam pertahanan lawan yang memaksa bek melakukan pelanggaran sehingga menghasilkan tendangan bebas.

Portugal harus melakukan pergantian lebih dulu ketika Helder Postiga mengalami cedera dan posisinya digantikan Eder.

Keunggulan satu gol membuat Ronaldo cs makin bersemangat menggempur pertahanan dengan sejumlah peluang tercipta. Ronaldo nyaris menggandakan skor andai sepakan kerasnya di menit 36 tidak dibendung Howard.

Howard kembali melakukan penyelamatan gemilang di pengujung babak pertama, ketika serangan bertubi-tubi dari Nani dan Eder untuk menjaga skor tetap 1-0 saat jeda.

Babak kedua

Portugal membuka babak kedua dengan serangkaian serangan. Pemain pengganti Eder mendapat dua peluang awal, pertama ketika sepakannya melambung di atas mistar usai menerima umpan silang Nani, lalu tendangannya melebar beberapa saat kemudian.

The Yanks nyaris menyamakan kedudukan sepuluh menit pascajeda, tapi Costa melakukan blok sempurna untuk menggagalkan peluang emas lawan. Sebuah crossing menawan daru Zusi diarahkan pada Bradley yang sudah berhadapan dengan gawang kosong, karena Howard lebih dulu salah langkah. Namun, sepakannya berhasil disapu oleh Costa!

Gol! Tepat di menit 64 AS berhasil menyamakan kedudukan melalui sepakan luar biasa Jones. Dia mendapat umpan dari sektor kanan, lalu mengontrol bola dan sebelumnya menggiringnya dengan mendapat kawalan Nani, lalu melepaskan tembakan roket ke tiang jauh.

Portugal langsung merespons dan balik mengancam gawang Howard, tapi kiper Everton kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan kans AS dari Nani dan Meireles.

Sembilan menit jelang laga usai, AS berhasil membalikkan keadaan. Menerima umpan dari sisi kiri, Clint Dempsey menggunakan dada untuk meneruskan bola merobek gawang Beto. Gol sang kapten disambut meriah seluruh penggawa The Yanks.

Namun, kemenangan yang sudah di depan mata buyar menyusul gol penyeimbang Silvestre Varela yang melesakkan umpan matang Ronaldo saat injury time.

Susunan pemain
Portugal: Beto; Pereira, Alves, Costa, Moutinho, Veloso, Meireles, Almeida, Nani, Ronaldo, Postiga.
Cadangan: Rui Patricio, Eduardo, Neto, Coentrao, Amorim, Silva, Vierinha, William, Almeida, Varela, Eder. 
 
Amerika: Starting XI USA: Howard; Besler, Beasley, Cameron, Johnson, Bradley, Beckerman, Bedoya, Zusi, Jones, Dempsey.
Cadangan: Rui Patricio, Eduardo, Neto, Coentrao, Amorim, Silva, Vierinha, William, Almeida, Varela, Eder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief