Kamis, 26 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Bosnia & Herzegovina 3-1 Iran

Bosnia & Herzegovina raih kemenangan perdana di Piala Dunia.
Iran gagal meraih mimpinya untuk lolos ke babak 16 besar, setelah dikalahkan Bosnia & Herzegovina lewat skor 3-1, dalam duel pamungkas Grup F Piala Dunia 2014.

Iran gagal meraih mimpinya untuk lolos ke babak 16 besar, setelah dikalahkan Bosnia & Herzegovina lewat skor 3-1, dalam duel pamungkas Grup F Piala Dunia 2014, Kamis (26/6) dini hari WIB.

Bermain dalam tensi tinggi, tim asuhan Carlos Queiroz seakan tak bisa mengimbangi kualitas para penggawa lawannya. Bosnia & Herzegovina pun mampu mencatat keunggulan tiga gol melalui Edin Dzeko, Miralem Pjanic, dan Avdija Vršajević . Sementara Iran hanya bisa membalas satu lewat Reza Ghoochannejhad.

Babak Pertama

Bosnia & Herzegovina sukses mendominasi jalannya laga sejak sepakan mula dilakukan, meski sudah tak memiliki kepentingan dalam duel ini. Peluang pertama lantas dihasilkan bintang utama mereka, Edin Dzeko. Tandukannya pada menit kesembilan menyambut umpan Toni Susic, berhasil diamankan oleh Haghighi.

Gol dalam pertandingan pun lahir di menit ke-23. Adalah Bosnia & Herzegovina yang mampu mencetak gol terlebih dahulu melalui striker Manchester City, Dzeko. Striker 28 tahun itu menggiring bola hingga didepan kotak penalti Iran, sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang mengarah ke pojok kiri bawah gawang yang tidak mampu dijangkau oleh Haghighi! Skor 1-0 untuk Bosnia & Herzegovina.

Selepas unggul satu gol, Bosnia & Herzegovina terus mengurung pertahanan Iran. Namun karena kurang baiknya kontrol laga dari para penggawa Naga Balkan, beberapa peluang berhasil didapatkan sang wakil Asia. Salah satunya melalui kans yang dimiliki Masoud di menit ke-16, meski masih hampa hasil.

Sisa waktu yang ada gagal dimanfaatkan Iran karena aliran serangan mereka selalu mandek di kaki Sead Kolasinac cs. Tak pelak, skor tipis 1-0 untuk tim asuhan Safet Susic pun bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Babak kedua berlangsung semakin seru. Hal itu terjadi lantaran kebutuhan Iran untuk menang demi menjaga asa lolos ke babak 16 besar. Permainan terbuka jadi tersaji di babak penentuan ini dan adrenalin pun semakin meningkat.

Drama kemudian dimulai melalui gol Miralem Pjanic yang memperbesar keunggulan Bosnia & Herzegovina menjadi 2-0. Menyambut umpan Susic, bintang AS Roma itu menyelesaikan umpan tersebut dengan menaklukan Haghighi, setelah lolos jebakan offside.

Tak mau menyerah, perjuangan heroik diperlihatkan Alireza cs untuk meraih kemenangan. Gol yang ditunggu Tim Melli pun lahir ketika laga memasuki menit ke-82. Aktornya adalah Reza Ghoochannejhad yang melepaskan sepakan terarah masuk ke jala Asmir Begovic.

Kala laga makin meninggi tensinya, Bosnia & Herzegovina lantas menyudahi pertandingan melalui gol ciamik Avdija Vršajević di menit 83. Lewat skema serangan balik, pemain botak itu sukses menyelesaikan sodoran membelah pertahanan milik Sejad Salihovic.

Kedudukan menjadi 3-1, dan Iran tak lagi mampu bereaksi setelahnya. Mereka gagal mewujudkan impian untuk lolos, meski di tempat lain pesaing mereka, Nigeria, kalah dari Argentina. Sementara kemenangan ini jadi yang pertama sepanjang sejarah Bosnia & Herzegovina dalam debutnya di Piala Dunia.

Susunan Pemain

Bosnia & Herzegovina: Begovic; Vrsajevic, Spahic, Kolasinac, Besic; Pjanic, Ibisevic, Dzeko, Susic; Sunjic, Hadzic

Iran: Haghighi; Haji Safi, Hosseini, Sadeghi; Nekounam, Shojaei, Timotian, Montarezi, Ghoochannejad; Dejagah, Pooladi
(goal.com 260614)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief