Selasa, 17 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Ghana 1-2 Amerika Serikat

Ghana yang mendominasi permainan dipaksa menelan kekalahan lewat gol tandukan Brooks menjelang laga usai.



Amerika Serikat sukses mendulang angka penuh pada laga perdana mereka di Grup G Piala Dunia 2014 usai memetik kemenangan 2-1 dalam duel yang berlangsung dramatis di di Arena das Dunas, Selasa (17/6).

Pada laga ini, pelatih Amerika Serikat Jurgen Klinsmann menurunkan skuat yang pernah mengalahkan Nigeria dalam pertandingan persahabatan. Sedangkan pelatih Ghana Kwesi Appiah membangkucadangkan Michael Essien.

Hasil ini membuat Amerika Serikat menempati peringkat kedua di bawah Jerman yang di laga sebelumnya menggasak Portugal 4-0. Sedangkan Ghana berada di peringkat ketiga.

Babak pertama

Amerika Serikat langsung menggebrak pertahanan Ghana setelah wasit meniupkan peluit kick-off. Kejutan diberikan tim Paman Sam lewat gol cepat Clint Dempsey ketika laga baru berjalan 30 detik.

Dempsey merangsek pertahanan Ghana yang belum siap menghadapi serbuan Amerika Serikat. Pemain Fulham ini kemudian melepaskan tendangan kaki kiri mendatar yang tak bisa dibendung penjaga gawang Adam Kwarasey.

Kecolongan gol cepat Dempsey, Ghana memperbaiki organisasi permainan, dan melakukan tekanan ke pertahanan Amerika Serikat. Namun lini belakang lawan tampil solid, sehingga tak mudah mendekati kotak penalti.

Kendati demikian, Amerika Serikat masih bisa mengancam lewat Jozy Altidore, hanya saja belum membuahkan hasil. Tapi Altidore terpaksa ditarik keluar akibat mendapat cedera pada menit ke-24.

Peluang diperoleh Christian Atsu untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, tendangan melengkung Atsu masih belum menemui sasaran pada menit ke-28. Beberapa saat kemudian, giliran Asamoah Gyan yang mengancam kiper Tim Howard. Tapi tendangannya bisa dihalau.

Babak kedua

Ghana yang tertinggal satu gol mencoba membongkar pertahanan Amerika Serikat dengan permainan ofensif. Kembali pertahanan solid tim besutan Klinsmann ini membuat The Black Pearls menemui jalan buntu.

Setelah menemui jalan buntu, Ghana memasukkan Kevin-Prince Boateng untuk meningkatkan daya gempur, dan menarik keluar Jordan Ayew yang tidak terlalu efektif di laga ini. Kehadiran Boateng memberikan perubahan dalam permainan Ghana.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan Ghana, dan mereka mendapatkan peluang melalui Gyan, tapi tidak membuahkan hasil. Penggawa Amerika Serikat tampil disiplin dalam menjaga pertahanan mereka.

Kebuntuan Ghana akhirnya terpecahkan pada menit ke-82. Kerjasama apik Ghana membuahkan hasil manis ketika Andre Ayew memaksa Howard memungut bola dari jalanya usai menerima umpan tumit dari Jordan Ayew. Gol ini memicu semangat pemain Ghana.

Namun selang empat menit kemudian, John Brooks mendatangkan mimpi buruk bagi Ghana. Berawal dari sepak pojok, tandukan Brooks tidak bisa dibendung Kwarasey, dan skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang ditiupkan wasit. (goal.com 170614)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief