Selasa, 17 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Iran 0-0 Nigeria

Duel antara wakil Asia dan Afrika ini menjadi partai pertama yang berakhir tanpa gol di gelaran Piala Dunia 2014.

Iran dan Nigeria sama-sama memetik satu poin usai bermain imbang 0-0 di Curitiba pada laga pertama mereka di Grup F Piala Dunia 2014, Selasa (17/6) dinihari WIB.

Kendati tampil lebih dominan, skuat Elang Super gagal membongkar pertahanan rapat Team Melli dan pada akhirnya laga ini menjadi pertarungan pertama yang berkesudahan tanpa gol dalam turnamen di Brasil.

Menyusul hasil ini, kedua tim berdiri beriringan di posisi runner-up dan ketiga grup di bawah Argentina, dengan Bosnia-Herzegovina masih menjadi juru kunci.

Babak Pertama

Nigeria yang berinisiatif menekan di menit-menit awal langsung memperoleh peluang untuk membuka angka melalui aksi Victor Moses, namun sepakan rendahnya masih gagal menyulitkan kiper Alireza Haghighi.

Menginjak menit ketujuh, Super Eagles sejatinya berhasil menggetarkan jala Iran, akan tetapi gol oleh Ahmed Musa itu tak disahkan wasit Carlos Vera dari Ekuador lantaran sebelumnya sudah terjadi pelanggaran terlebih dahulu.

Nigeria terus menunjukkan dominasi permainan atas sang lawan, namun mereka tak kunjung mampu mengonversinya menjadi sebuah keunggulan skor. Sementara itu, Iran yang banyak tertekan sempat mendapat kesempatan emas untuk mencuri angka. Sayang, tandukan akurat Reza Ghoochanneijhad menyongsong tendangan sudut Ashkan Dejagah kandas oleh penyelamatan hebat Vincent Enyeama.

Sampai interval, kedua tim masih bermain sama kuat dengan skor kacamata.

Babak Kedua

Berbeda dengan di paruh awal, kali ini Team Melli yang berusaha menggebrak, dengan Ghoochanneijhad melepaskan tembakan kaki kiri yang masih melebar tipis saja di sisi kanan gawang Enyeama.

Tidak lama berselang, gantian Nigeria mengancam kembali via eksekusi tendangan bebas dari Ramon Azeez, namun percobaannya terlalu mudah untuk diantisipasi oleh Haghighi.

Jual-beli serangan lebih banyak terjadi di babak kedua ini dengan Iran menunjukkan peningkatan performa buat mengimbangi tekanan lawan mereka dari Benua Afrika. Di menit 63, kembali menebar ancaman dengan sepakan spekulatif dari jarak jauh, sementara kesempatan sangat bagus menghampiri Nigeria sesaat kemudian lewat sundulan melebar Shola Ameobi.

Dominasi permainan Super Eagles kembali kentara memasuki seperempat jam terakhir laga. Tetapi peluang-peluang dari Ogenyi Onazi, Peter Odemwingie, dan Ameobi seluruhnya berakhir percuma, sedangkan Iran tampak cukup puas menjaga skor imbang sampai pertandingan kelar.

Pada akhirnya, kedua tim berbagi satu angka untuk mengawali petualangan mereka di Brasil.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief