Selasa, 17 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Jerman 4-0 Portugal



Hat-trick Thomas Muller menginspirasi kemenangan telak Jerman atas Portugal yang bermain sepuluh pemain sejak babak pertama.

Jerman mengawali petualangan mereka di Piala Dunia 2014 dengan meyakinkan ketika berhasil menumbangkan lawan terberat di Grup G, Portugal, dengan skor telak 4-0 pada Selasa (17/6) dini hari WIB. Thomas Muller menjadi bintang di laga ini lewat hat-trick yang diselingi gol Mats Hummels.

Bermain di Arena Fonte Nova, Salvador, Die Mannschaft yang mengandalkan Muller sebagai penyerang palsu sudah mampu unggul 2-0 ketika Pepe mendapat kartu merah setelah bersitegang dengan penyerang Jerman tersebut. Bermain dengan sepuluh pemain, Seleccao akhirnya harus mengakhiri laga dengan kebobolan dua gol tambahan dari Muller.

Babak Pertama


Di tengah cuaca terik di Salvador, kedua tim mampu memperagakan permainan agresif sejak kick-off dilangsungkan. Sundulan Mario Gotze nyaris berbuah hasil di menit kedua sebelum Portugal langsung membalas lewat dua peluang emas melalui kaki Hugo Almeida dan Cristiano Ronaldo yang masih bisa ditahan oleh Manuel Neuer. Belum genap sepuluh menit, kiper Rui Patricio melakukan blunder ketika salah mengoper di area pertahanannya. Beruntung, sepakan Sami Khedira dari jarak jauh masih menyamping tipis.

Peluang demi peluang bertubi-tubi ini akhirnya berbuah gol ketika Jerman melakukan serangan di menit 11 ketika Mario Gotze tampak dijatuhkan oleh Joao Pereira di kotak terlarang. Sempat ada protes dari pemain Portugal, namun wasit tetap menunjuk titik putih dan memberi kartu kuning kepada bek kanan Portugal itu. Thomas Muller yang menjadi eksekutor penalti mampu melaksanakan tugasnya dengan baik setelah sepakan keras kaki kanannya gagal dihadang Patricio. Jerman unggul cepat.

Di menit 25, tendangan terukur Nani dari luar kotak penalti masih melayang tipis di atas mistar gawang Jerman. Di saat Portugal mengincar gol penyama inilah Jerman malah melebarkan keunggulan di menit 32 tatkala Mats Hummels sukses menanduk sepak pojok Toni Kroos. Tertinggal 2-0, Portugal lalu membuat dua peluang beruntun lewat Fabio Coentrao dan pemain pengganti Eder, namun masih belum tepat sasaran.

Justru petaka yang didapat pasukan Paulo Bento ketika Pepe bertindak ceroboh di menit 37. Ketika berduel dengan Muller, Pepe tampak mencengkeram muka penyerang Jerman itu dengan tangannya. Tak cukup, bek Real Madrid ini lalu menandukkan kepalanya ke arah Muller sehingga memicu keributan di antara kedua pemain. Akibatnya, wasit Milorad Mazic asal Serbia langsung menarik kartu merah kepada Pepe.

Dalam kondisi tertinggal, Portugal harus bermain dengan sepuluh pemain. Tentu saja hal ini dimanfaatkan Jerman menjelang babak pertama berakhir untuk semakin menjauhkan keadaan. Berawal dari crossing Kroos yang gagal dihalau sempurna oleh Bruno Alves, Muller mampu merebutnya dan langsung menceploskan bola tanpa bisa dibendung Patricio. Gawang Portugal pun bergetar untuk ketiga kali dan memasuki ruang ganti dengan lesu.

Babak Kedua

Tak seperti sepuluh menit awal di babak pertama yang berlangsung cepat, tempo permainan di babak kedua berjalan lebih lambat. Meski demikian, tak menghalangi kedua tim untuk sama-sama tampil menyerang. Di menit 51 misalnya, Jerman nyaris membuat Portugal kian merana ketika Mesut Ozil mampu lolos dari jebakan off-side dan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Patricio. Namun, sepakan Ozil masih bisa ditepis secara gemilang oleh kiper Portugal itu.

Semenit kemudian, Portugal mendapat peluang bagus ketika Ronaldo sukses memberikan umpan terobosan berbahaya ke area pertahanan Jerman, sayang Nani dan Coentrao yang mengejar bola tersebut malah saling berebut dan bertabrakan sehingga menguaplah peluang tersebut. Coentrao sendiri mengalami kesialan di menit 64 ketika otot pahanya tertarik ketika mencoba mengejar bola. Ia pun terkapar di lapangan dan terpaksa ditarik keluar.

Jerman kembali menyia-nyiakan peluang di menit 69. Berawal dari serangan balik, Andre Schurrle menyodorkan umpan silang mendatar kepada Gotze di kotak penalti. Sayang, sepakan gelandang Bayern Munich ini masih bisa diblok Bruno Alves. Terus tertekan, Portugal enggan menyerah dan mereka hampir mendapatkan hasil ketika Eder tampak dilanggar di kotak penalti ketika mencoba mengambil bola muntah Ronaldo. Protes keras dilancarkan kapten Portugal itu, namun wasit tetap melanjutkan pertandingan.

Dan pada menit 78, Jerman sanggup menambah pundi-pundi golnya. Kembali, Muller mencatatkan namanya di papan skor setelah sukses menyambar bola liar dari crossing dari Schurrle yang gagal diantisipasi Patricio. Ini adalah hat-trick pertamanya bersama timnas sekaligus trigol perdana di Piala Dunia 2014. Di masa injury time, sepakan bebas Ronaldo masih bisa ditepis Neuer sebelum laga akhirnya benar-benar berakhir.



Susunan Pemain:
Jerman (4-2-3-1): Neuer; Boateng, Hummels (Mustafi 73'), Mertesacker, Höwedes; Lahm, Khedira; Özil (Schurrle 63'), Kroos, Götze; Müller (Podolski 82').

Portugal (4-3-3): Patricio; Pereira, Pepe, Alves, Coentrao (A. Almeida 65'); Meireles, Veloso (R. Costa 46'), Moutinho; Nani, Almeida (Eder 28'), Ronaldo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief