Jumat, 27 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Korea Selatan 0-1 Belgia

Jan Vertonghen Belgium World Cup
Belgia finis sebagai juara Grup H dan akan bertemu dengan Amerika Serikat di babak 16 besar.
Belgia memastikan diri sebagai juara Grup H Piala Dunia 2014 usai mengatasi perlawanan Korea Selatan 1-0 di pertandingan pamungkas grup di Sao Paulo, Jumat (27/6) dinihari WIB.

Gol tunggal dicetak Jan Vertonghen pada menit ke-77. Belgia, yang sebelumnya memang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, akan bertemu dengan runner-up Grup G, Amerika Serikat.

Kekalahan ini memastikan Korea Selatan tersingkir, dan dipastikan tidak ada wakil Asia di babak 16 besar karena sebelumnya Australia, Jepang, dan Iran juga harus angkat koper lebih awal. Runner-up Grup H adalah Aljazair, yang mampu menahan imbang Rusia 1-1 sehingga mengumpulkan empat poin.

Babak Pertama

Korea Selatan mengawali pertandingan babak pertama dengan lebih banyak menyerang pertahanan Belgia. Mereka membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Pada menit ke-12, peluang mereka dapatkan ketika tendangan Kim Young-Gwon masih terlalu tinggi dan melebar ke sisi gawang.

Namun, setelah itu Belgia yang meningkatkan tempo permainan, dan Kin sempat menggagalkan pergerakan Anthony vanden Borre di dalam kotak penalti sehingga terjatuh. Para pemain Belgia meminta hadiah penalti, namun wasit beranggapan lain.

Ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-20, Belgia sempat memiliki peluang bagus ketika Kevin Mirallas menerima umpan terobosan dari rekannya dan ia menggiring bola sendirian hingga ke depan kotak penalti, namun ia justru divonis sudah lebih dahulu terjebak off-side.

Pada menit ke-25, Die Mertens memiliki peluang terbaiknya. Tendangan Mirallas mampu diblok pemain lawan dan bola bergulir kepada dirinya, namun tendangannya dalam posisi cukup bebas hanya menyamping ke sisi gawang.

Lima menit berselang, pertahanan Belgia dikejutkan dengan usaha sepakan keras Ki Sung-yeung dari jarak jauh, namun mampu ditepis Thibaut Courtois.

Ketika pertandingan akan memasuki tambahan waktu, Steven Defour terlihat dengan sengaja menginjak kaki Kim Shin-wook, dan wasit menghadiahi dirinya kartu merah langsung. Belgia terpaksa harus bermain dengan sepuluh pemain

Babak Kedua

Kekurangan jumlah pemain sempat membuat Belgia kesulitan di awal babak kedua. Korea Selatan justru yang lebih asyik menyerang, namun ketatnya pertahanan lawan membuat gawang mereka masih perawan.

Meski begitu, Belgia tetap mampu bisa keluar dari tekanan dan menciptakan peluang. Pada menit ke-58, Mertens melakukan percobaan dengan melepaskan tendangan dari jarak 25 yard, namun Kim Seung-Gyu dengan cerdik mampu menepisnya.

Pemain pengganti, Nacer Chadli, melakukan manuver cantik pada menit ke-73. Ia melakukan pergerakan di sisi kiri dan melepaskan tembakan ke arah gawang, namun Hong Jeong-Ho mampu memblok dengan baik.

Gol yang ditunggu-tunggu Belgia akhirnya datang pada menit ke-77. Sepakan keras pemain pengganti, Divock Origi, dari luar kotak penalti mampu diblok kiper Korea selatan, namun bola rebound bisa dimanfatakan Vertonghen dari jarak dekat.

Inilah satu-satunya gol yang tercipta di pertandingan ini dan sudah cukup buat Belgia untuk memenangkan pertandingan dengan sepuluh pemain. (goal.com 27062014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief