Minggu, 15 Juni 2014

Laporan Pertandingan: Pantai Gading 2-1 Jepang

Tertinggal lebih dulu dari Jepang, Pantai Gading sukses membalikkan keadaan lewat gol sundulan dari Wilfried Bony dan Gervinho.


 
Pantai Gading secara luar biasa bangkit dari ketertinggalan dan sukses mengamankan tiga angka atas Jepang dalam partai pembuka Grup C Piala Dunia 2014 di Arena Pernambuco, Minggu (15/6) pagi WIB. Gol-gol dari Wilfried Bony dan Gervinho yang tercipta dengan selang waktu dua menit di babak kedua membuat gol cepat Jepang via Keisuke Honda menjadi kurang berarti.

Dengan hasil ini, Pantai Gading sukses membuntuti pemuncak klasemen Grup C, Kolombia, yang beberapa jam yang lalu membabat Yunani 3-0. Kolombia sendiri dijadwalkan akan berhadapan langsung dengan Pantai Gading pada 19 Juni mendatang.

Babak Pertama
Pantai Gading langsung tancap gas dengan mengandalkan kekuatan fisik dan kemampuan individual para pemain mereka. Hasilnya, mereka langsung membuat peluang di menit keenam. Berawal dari serangan balik, Gervinho mengirimkan umpan kepada Wilfried Bony yang berada di dalam kotak penalti, namun tembakan sang striker masih bisa diblok dengan gemilang oleh Maya Yoshida.

Sementara kolektivitas menjadi andalan Jepang di laga ini, membuat mereka tampil lebih taktis dan lebih berbahaya ketika menyerang. Tim Samurai Biru pun langsung menuai hasilnya di menit 16. Dari sisi kiri, Yuto Nagatomo melepaskan umpan ke kotak penalti. Keisuke Honda mengontrol bola dengan sangat baik, membuka ruang, sebelum melepas tembakan keras kaki kiri yang tidak bisa dijangkau kiper Pantai Gading, Boubacar Barry.

Hanya selang empat menit setelah gol tersebut, Jepang nyaris menggandakan keunggulan tatkala Atsuto Uchida mampu menerima umpan Honda di kotak penalti. Bek kanan Schalke ini dengan tenang mampu melewati kawalan pemain Pantai Gading, namun tembakan kaki kirinya masih kurang keras sehingga Barry bisa menepisnya. Tak lama kemudian, umpan silang semi menembak dari Honda masih bisa ditangkis oleh Barry. Pasukan Alberto Zaccheroni terus menggempur.

Memasuki pertengahan babak kedua, giliran Pantai Gading yang dominan lewat gempuran yang dikomandoi Yaya Toure dan Gervinho. Peluang demi peluang pun mereka dapatkan seperti tendangan bebas dari Toure, sepakan kencang dari Arthur Boka, hingga dribel dan crossing agresif dari Gervinho. Namun masih belum menghasilkan gol balasan bagi The Elephants hingga babak pertama berakhir.

Babak Kedua

Usai turun minum, Pantai Gading terus berupaya mengejar ketertinggalan. Namun Jepang mampu bertahan dengan baik untuk menghalau skema serangan lawan. Masih mejal, pelatih Sabri Lamouchi pun menurunkan Didier Drogba di menit 62. Masuknya penyerang berusia 36 tahun ini langsung memberi suntikan moral bagi timnya. Entah kebetulan atau tidak, Pantai Gading langsung mencetak dua gol dalam rentang dua menit!

Di menit 64, Bony sukses menyamakan skor setelah tandukannya sukses menghujam gawang Jepang yang dikawal Eiji Kawashima. Kredit khusus diberikan kepada Serge Aurier yang melepaskan crossing akurat dari sayap kanan. Lewat skema serupa, bek kanan asal Toulouse ini lalu kembali melepas umpan silang di menit 66. Kali ini, ada Gervinho yang sukses menyundulnya. Kawashima berhasil menghadangnya namun bola terlampau keras sehingga tetap bersarang di gawang. .

Para pemain Jepang tampak terkejut setelah Pantai Gading berbalik unggul secara tiba-tiba. Mereka pun perlahan-lahan kembali ke permainan, mendominasi lapangan, namun berkali-kali gagal menembus rapatnya pertahanan lawan. Bahkan, Pantai Gading beberapa kali mengancam lewat serangan balik dan bola-bola mati. Seperti tendangan bebas Drogba di menit 80 yang masih bisa ditepis oleh Kawashima.

Drogba kembali beraksi tak lama kemudian, namun tembakannya yang terdefleksi Yoshida masih menyamping tipis di sisi kanan gawang. Lalu ada tembakan Salomon Kalou dari sudut sempit yang masih bisa ditahan Kawashima. Jepang sendiri terus mengurung pertahanan Pantai Gading. Sayang, hingga injury time selama empat menit, tak ada gol tambahan. Pantai Gading pun sukses mengunci kemenangan krusial ini.



Susunan Pemain:

Pantai Gading: Barry; Boka (Djakpa 75'), Bamba, Zokora, Aurier; Serey Die (Drogba 62'), Toure, Tiote; Gervinho, Bony (Ya Konan 78'), Kalou

Jepang: Kawashima; Uchida, Yoshida, Morishige, Nagatomo; Yamaguchi, Hasebe (Endo 54'); Okazaki, Osako (Okubo 68'), Honda; Kagawa (Kakitani 86')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sepak Bola

Foto Populer Piala Dunia 2014

Bola

Soccer 2012

More Doodles

Arief